Oct 24, 2013

Pelanggan bukan selalu raja

Apa salah saya ya?
Sampai sampai ditinggal kabur begitu saja sama pelanggan.
Harga dasar memang sudah murah, belum lagi dikurang diskon, belum lagi bonus free grooming untuk 5 kucing.

Yang namanya buka usaha, selalu ada cobaan. Cuma kaget saja usaha kecil kecilan saya ini sampe kena tipu.. betapa teganya.. jadi maaf kalau curhat berlebihan. Karna nominal sejumlah uang bisa berbeda besar kecilnya di mata masing2 orang.

Pendek cerita, Mba Arin dan teman nya Mba Anggun menitipkan kucing. Totalnya 6. Mba Arin ini tahun lalu pernah titip juga, saya sekeluarga sangat sayang sama kucing2 nya, soalnya nurut semua :)
DP sudah dikasih, Mba Arin sendiri yang mengantarkan kucingnya ke rumah, ketemu saya.. ketemu ibu.. ketemu bapak..
Setelah 2x balikan antar kucing, saya ada salah tulis tanggal di nota ke 2, harusnya tgl 20 malah 21. Jadi kesalahan itu saya catatkan saja di nota pegangan saya. Saya yakin Mba Arin pasti memaklumi, jadi blm saya kabari.. nanti saja pas pengambilan saya pikir.

Seperti kebanyakan owner, ngga semua estimasi pengambilan kucing pasti tepat. Sering ada yang perpanjang, begitu juga Mba Arin. (Kalau Mba Anggun udah ambil kucingnya duluan). Saya sudah ditanya2 kelebihan hari dan penambahan biayanya jadi berapa. Secara logika, owner yang bertanya dan konfirm perpanjangan hari pasti aware akan uang yang harus dikeluarkan nanti.

Berhubung saya kerja, ibu dan bapak yang handle semua transaksi di rumah. Ketika Mba Arin datang untuk ambil kucing, nota yang ia pegang (yang blm ada revisi salah tanggal dan perpanjangan hari) langsung diserahkan ke ibu dengan disertai UANG PAS sesuai yang tertera di NOTA LAMA. Sambil bilang, "ini Adil yang tulis bu". Dan lalu bergegas pergi.

Memang betul itu saya yang tulis. Ibu saya juga speechless karna langsung di dikte duluan. Oh ya sudah, pikir ibu. Mungkin kelebihan hari nya nggak jadi di charge. Basically kami cat lover jadi kami kadang suka melakukan hal itu.

Sewaktu dengar cerita ibu, saya kehabisan kata2. Saya pikir kok bisa? Kan kemarin sudah tanya2 uang yang harus dibayarkan berapa, kenapa bayar pake uang pas?
Saya langsung hubungi seperti biasa aja kami ngobrol baik2. Minta maaf ada kesalahan hitung tanggal, lalu remind soal perpanjangan hari. Di percakapan hari hari awal saya nggak pernah agresif menagih. Cukup sertakan nomor rekening BNI (awalnya saya kasih BCA, tp Mba Arin bilang cuma punya BNI) dan jumlah uang. Selang 3 hari saya ingatkan lagi, selang 1 minggu saya tanya lagi. Selang 10 hari masih belum.. sampai... selang 1 bulan Line saya mulai nggak di read. Padahal tidak ada kata2 yang tidak sopan. Terakhir kali saya cuma kirim Line, "Mba, cuma di read?" Daan mungkin sejak saat itu saya gak dihiraukan lagi.

saya sempat tanya kabar Mba Anggun dan bahas soal perlakuan Mba Arin tapi sms saya tidak digubris.

Sampai hari ini, sejak ada bbm for android saya nggak sengaja reinvite pin Mba Arin dari BB ID saya yg lama. Tapi akhirnya saya di delete contact.

Saya bingung, saya salah apa? Apakah 180rb untuk perpanjangan 2 hari (5 kucing) ini terlalu besar saya charge nya? Kalau Mba Arin jujur saya bisa ihklaskan seketika, tapi yahh sudah.. semoga berkah dan jadi pahala saya, bapak dan ibu di rumah.

Salam untuk Maku, Brisa, dan 3 anaknya..

No comments:

Post a Comment